Indonesia yang merupakan negara berkembang saat ini ternyata
memilik beberapa proyek besar yang dipandang dunia. Proyek-proyek ini tentu
saja sangat mendukung
kemajuan negara Indonesia dalam berbagai sektor.Indonesia merupakan anggota
G-20 yang merupakan kelompok 19 negara dengan perekonomian besar di dunia
ditambah dengan Uni Eropa. Indonesia juga merupakan salah satu negara besar
di dunia dengan jumlah penduduk yang besar dan kekayaan alam melimpah.
Walau didera krisis ekonomi, Indonesia mulai bangkit. Kini pembangunan
di Indonesia tidak kalah dengan negara-negara lain.
memilik beberapa proyek besar yang dipandang dunia. Proyek-proyek ini tentu
saja sangat mendukung
kemajuan negara Indonesia dalam berbagai sektor.Indonesia merupakan anggota
G-20 yang merupakan kelompok 19 negara dengan perekonomian besar di dunia
ditambah dengan Uni Eropa. Indonesia juga merupakan salah satu negara besar
di dunia dengan jumlah penduduk yang besar dan kekayaan alam melimpah.
Walau didera krisis ekonomi, Indonesia mulai bangkit. Kini pembangunan
di Indonesia tidak kalah dengan negara-negara lain.
Indonesia bahkan memiliki mega proyek kelas dunia. Beberapa mega
proyek yang sudah jadi adalah jembatan Suramadu dan Indoor Theme
Park terbesar di dunia, Trans studio. Beberapa proyek akan menyusul.
Ada yang masih dalam perencanaan dan ada juga yang sudah
dalam tahap penyelesaian.
proyek yang sudah jadi adalah jembatan Suramadu dan Indoor Theme
Park terbesar di dunia, Trans studio. Beberapa proyek akan menyusul.
Ada yang masih dalam perencanaan dan ada juga yang sudah
dalam tahap penyelesaian.
Berikut ini 8 Mega Proyek Indonesia yang Dilirik Dunia
1. Center Point Of Indonesia
Makassar akan memiliki kawasan super megah sebagai pusat bisnis,
wisata dan pendidikan yang dinamakanCenter Point Of Indonesia.
Center Point Of Indonesia dibangun di kawasan dengan luas total 600 hektar
itu akan terdapat bangunan bangunan menjulang tinggi,
pusat bisnis dan pemerintahan, kawasan hiburan,
hotel hotel kelas dunia yang dilengkapi dengan lapangan golf
dengan view ke laut lepas dan pemandangan menakjubkan ke
pulau pulau di Teluk Makassar. Di kawasan ini juga akan dibangun
Istana kepresidenan yang selama ini hanya berada di Jawa dan Bali.
wisata dan pendidikan yang dinamakanCenter Point Of Indonesia.
Center Point Of Indonesia dibangun di kawasan dengan luas total 600 hektar
itu akan terdapat bangunan bangunan menjulang tinggi,
pusat bisnis dan pemerintahan, kawasan hiburan,
hotel hotel kelas dunia yang dilengkapi dengan lapangan golf
dengan view ke laut lepas dan pemandangan menakjubkan ke
pulau pulau di Teluk Makassar. Di kawasan ini juga akan dibangun
Istana kepresidenan yang selama ini hanya berada di Jawa dan Bali.
Istana ini nantinya berada di atas laut. Di kawasan CPI juga akan
dibangun Masjid Termegah di Asia, sekelas Taj Mahal di India.
Ada juga The Makassar Notradamus, yaitu taman 1000 patung
Pahlawan Indonesia. Masih di lokasi yang sama, Makassar juga
akan membangun Public Space atau area publik terluas di
Dunia. Di lapangan nan luas ini, akan terdapat banyak kawasan
hijau, tempat bermain, taman bunga, tempat beristirahat, dan tentunya
pantai buatan. Di sekitar kawasan ini juga akan terdapat Waterfront dan Marinas.
dibangun Masjid Termegah di Asia, sekelas Taj Mahal di India.
Ada juga The Makassar Notradamus, yaitu taman 1000 patung
Pahlawan Indonesia. Masih di lokasi yang sama, Makassar juga
akan membangun Public Space atau area publik terluas di
Dunia. Di lapangan nan luas ini, akan terdapat banyak kawasan
hijau, tempat bermain, taman bunga, tempat beristirahat, dan tentunya
pantai buatan. Di sekitar kawasan ini juga akan terdapat Waterfront dan Marinas.
Center Point Of Indonesia akan dilengkapi dengan dua jalan layang
selebar masing-masing 40 meter, waterway, monorail dan busway.
Monorail di CPI akan menghubungkan kawasan megah ini
ke Pusat Kota Makassar, hingga ke Bandara International
Sultan Hasanuddin. Jika proyek ini benar benar terwujud maka Makassar
akan melampaui Jakarta dalam hal mewujudkan angkutan
Mass Rapit Transport idaman itu.
selebar masing-masing 40 meter, waterway, monorail dan busway.
Monorail di CPI akan menghubungkan kawasan megah ini
ke Pusat Kota Makassar, hingga ke Bandara International
Sultan Hasanuddin. Jika proyek ini benar benar terwujud maka Makassar
akan melampaui Jakarta dalam hal mewujudkan angkutan
Mass Rapit Transport idaman itu.
Center Point of Indonesia juga akan dilengkapi dengan
sebuah menara yang menyerupai Oriental Pearl Tower di Shanghai.
Menara setinggi 300 meter itu akan difasilitasi dengan dek anjungan berputar.
sebuah menara yang menyerupai Oriental Pearl Tower di Shanghai.
Menara setinggi 300 meter itu akan difasilitasi dengan dek anjungan berputar.
Menara itu akan dibangun tepat di tengah-tengah proyek CPI.
Selain itu, Center Point of Indonesia akan memanjakan
pengunjung karena sudah terintegrasi dengan
Trans Studio Indoor Theme Park, karena akan dilewati oleh jalur Monorail.
Nantinya beberapa pantai dan pulau-pulau buatan di CPI
juga akan dihubungkan dengan kereta gantung
(Gondola) terpanjang di Asia. Jika proyek ini selesai,
maka Makassar akan melesat menjadi kota metropolitan
modern dan terbesar kedua di Indonesia, melampaui Surabaya.
Obsesi itu jugalah yang membuat Makassar bertekat untuk
menjadi kota dunia di tahun 2030.
Selain itu, Center Point of Indonesia akan memanjakan
pengunjung karena sudah terintegrasi dengan
Trans Studio Indoor Theme Park, karena akan dilewati oleh jalur Monorail.
Nantinya beberapa pantai dan pulau-pulau buatan di CPI
juga akan dihubungkan dengan kereta gantung
(Gondola) terpanjang di Asia. Jika proyek ini selesai,
maka Makassar akan melesat menjadi kota metropolitan
modern dan terbesar kedua di Indonesia, melampaui Surabaya.
Obsesi itu jugalah yang membuat Makassar bertekat untuk
menjadi kota dunia di tahun 2030.
2. Biak Space Port
Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan)
akan mendirikan "space port" atau lokasi peluncuran roke
t pendorong satelit di Pulau Biak, Papua. Pulau Biak merupakan
lokasi yang sangat strategis untuk penerbangan ke angkasa luar
karena posisinya sangat dekat dengan garis khatulistiwa.
Pulau Biak berhadapan langsung dengan samudra luas
sehingga proses peluncuran roket yang akan dilakukan
diperkirakan tidak akan mengganggu negara lain.
akan mendirikan "space port" atau lokasi peluncuran roke
t pendorong satelit di Pulau Biak, Papua. Pulau Biak merupakan
lokasi yang sangat strategis untuk penerbangan ke angkasa luar
karena posisinya sangat dekat dengan garis khatulistiwa.
Pulau Biak berhadapan langsung dengan samudra luas
sehingga proses peluncuran roket yang akan dilakukan
diperkirakan tidak akan mengganggu negara lain.
Jika roket pendorong satelit itu diluncurkan, serpihan atau
benda-benda yang jatuh dari proses peluncuran itu akan jatuh
ke laut, tidak mengenai negara lain, termasuk wilayah Indonesia.
Selain itu, Pulau Biak juga terletak di area ekuatorial (Posisinya hanya
dua derajat dari garis khatulistiwa) sehingga dorongan roket
peluncur satelit lebih kuat dan mampu mengantar alat pemantauan
di angkasa ke antariksa.
benda-benda yang jatuh dari proses peluncuran itu akan jatuh
ke laut, tidak mengenai negara lain, termasuk wilayah Indonesia.
Selain itu, Pulau Biak juga terletak di area ekuatorial (Posisinya hanya
dua derajat dari garis khatulistiwa) sehingga dorongan roket
peluncur satelit lebih kuat dan mampu mengantar alat pemantauan
di angkasa ke antariksa.
3. Menara Jakarta
Jakarta akan segera memiliki salah satu menara tertinggi di
dunia yang dinamakan "menara Jakarta". Proyek Menara Jakarta
yang sebelumnya terhenti akibat badai krisis moneter, akan kembali
dilanjutkan kembali. Proyek Menara Jakarta akan kembali dibangun
pengerjaan konstruksi pada Januari 2010. Pembangunan Menara
Jakarta yang menelan anggaran Rp 5 triliun ini ditargetkan rampung 2013 tahun ini.
dunia yang dinamakan "menara Jakarta". Proyek Menara Jakarta
yang sebelumnya terhenti akibat badai krisis moneter, akan kembali
dilanjutkan kembali. Proyek Menara Jakarta akan kembali dibangun
pengerjaan konstruksi pada Januari 2010. Pembangunan Menara
Jakarta yang menelan anggaran Rp 5 triliun ini ditargetkan rampung 2013 tahun ini.
Menara Jakarta setinggi 558 meter ini nantinya akan mengalahkan
Oriental Pearl Tower, Shanghai, setinggi 460 meter, KL Tower
di Malaysia 421 meter, dan CN Tower di Kanada setinggi 533 meter.
Dan tak kalah penting, Menara Jakarta akan dijadikan sebagai
pusat jaringan telekomunikasi dan multimedia dengan data center
dan disaster recovery center. Menara Jakarta juga akan dijadikan
sebagai traffic control dan pusat jaringan fiber optik di Jakarta.
Oriental Pearl Tower, Shanghai, setinggi 460 meter, KL Tower
di Malaysia 421 meter, dan CN Tower di Kanada setinggi 533 meter.
Dan tak kalah penting, Menara Jakarta akan dijadikan sebagai
pusat jaringan telekomunikasi dan multimedia dengan data center
dan disaster recovery center. Menara Jakarta juga akan dijadikan
sebagai traffic control dan pusat jaringan fiber optik di Jakarta.
Menara ini juga akan memiliki restoran berputar, yang menarik lagi
dari Menara Jakarta adalah bentuk kaki tiang menara yang memiliki
bentuk tiga kaki yang menopang hingga ke atas. Bentuk semacam
ini hanya satu-satunya di dunia untuk gedung-gedung pencakar
langit. Jika telah selesai dibangun, Menara Jakarta ini akan menjadi ikon
kebanggaan bangsa Indonesia dan menjadi menara telekomunikasi dan
broadcasting tertinggi di dunia.
dari Menara Jakarta adalah bentuk kaki tiang menara yang memiliki
bentuk tiga kaki yang menopang hingga ke atas. Bentuk semacam
ini hanya satu-satunya di dunia untuk gedung-gedung pencakar
langit. Jika telah selesai dibangun, Menara Jakarta ini akan menjadi ikon
kebanggaan bangsa Indonesia dan menjadi menara telekomunikasi dan
broadcasting tertinggi di dunia.
4. Jembatan Selat Sunda
Jembatan Selat Sunda adalah salah satu proyek besar pembuatan
jembatan yang melintasi Selat Sunda sebagai penghubung antara
Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera. Jembatan Selat Sunda ini
akan menjadi jembatan terpanjang pertama di dunia yang dibangun
dengan bentang tengah sampai 2.200 meter. Perkiraan biaya
investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan JSS sekitar Rp 100 triliun.
Pembangunan proyek JSS membutuhkan waktu minimal 10 tahun
jembatan yang melintasi Selat Sunda sebagai penghubung antara
Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera. Jembatan Selat Sunda ini
akan menjadi jembatan terpanjang pertama di dunia yang dibangun
dengan bentang tengah sampai 2.200 meter. Perkiraan biaya
investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan JSS sekitar Rp 100 triliun.
Pembangunan proyek JSS membutuhkan waktu minimal 10 tahun
Kalau tahun 2012 sudah mulai dibangun rencananya jembatan sudah
dibuka tahun 2022. Pada jembatan tersebut akan dibuat enam lajur kendaraan,
masing-masing tiga lajur dalam satu ruasnya. Jembatan selebar
60 meter ini juga dilengkapi dua jalur pejalan kaki dan jalur darurat.
Tak hanya itu, jembatan ini juga akan dilengkapi dua rel kereta.
Jembatan rencananya akan berada pada 70 meter di atas permukaan laut,
dan melewati tiga pulau-pulau kecil di selat itu, yaitu Pulau Prajurit,
Ular, dan Sangiang. Ini merupakan jembatan dengan panjang
29 kilometer yang akan menjadi jembatan terpanjang di dunia.
dibuka tahun 2022. Pada jembatan tersebut akan dibuat enam lajur kendaraan,
masing-masing tiga lajur dalam satu ruasnya. Jembatan selebar
60 meter ini juga dilengkapi dua jalur pejalan kaki dan jalur darurat.
Tak hanya itu, jembatan ini juga akan dilengkapi dua rel kereta.
Jembatan rencananya akan berada pada 70 meter di atas permukaan laut,
dan melewati tiga pulau-pulau kecil di selat itu, yaitu Pulau Prajurit,
Ular, dan Sangiang. Ini merupakan jembatan dengan panjang
29 kilometer yang akan menjadi jembatan terpanjang di dunia.
5. Reaktor Nuklir Muria
Indonesia merencanakan membangun Pembangkit Listrik
Tenaga Nuklir (PLTN) di Muria, Jateng. Pegunungan Muria
dianggap paling memenuhi syarat sebagai tempat berdiri dan
beroperasinya PLTN. Selain karena aman dari gempa, daerah
Muria juga sangat dekat dengan sumber air (Laut Jawa)
yang dibutuhkan untuk mendinginkan reaktor nuklir.
Pembangunan PLTN Muria akan dimulai 2012 dan siap
diresmikan 2016 dengan total anggaran Rp 30 triliun
Tenaga Nuklir (PLTN) di Muria, Jateng. Pegunungan Muria
dianggap paling memenuhi syarat sebagai tempat berdiri dan
beroperasinya PLTN. Selain karena aman dari gempa, daerah
Muria juga sangat dekat dengan sumber air (Laut Jawa)
yang dibutuhkan untuk mendinginkan reaktor nuklir.
Pembangunan PLTN Muria akan dimulai 2012 dan siap
diresmikan 2016 dengan total anggaran Rp 30 triliun
Diharapkan pada 2015-2016 PLTN Muria ini sudah bisa
beroperasi dengan kapasitas 1.000 Mwat Elektic
dengan investasi US$ 1.500-1.800 per KWh. PLTN
membutuhkan uranium dan Indonesia memiliki dua tambang uranium,
yaitu tambang Remaja-Hitam dan tambang Rirang-Tanah Merah.
Kedua tambang uranium tersebut terletak di Kalimantan Barat.
Jika sudah dibangun PLTN Muria akan mampu mengatasi krisis
energi listrik yang saat ini sedang dialami negara kita.
beroperasi dengan kapasitas 1.000 Mwat Elektic
dengan investasi US$ 1.500-1.800 per KWh. PLTN
membutuhkan uranium dan Indonesia memiliki dua tambang uranium,
yaitu tambang Remaja-Hitam dan tambang Rirang-Tanah Merah.
Kedua tambang uranium tersebut terletak di Kalimantan Barat.
Jika sudah dibangun PLTN Muria akan mampu mengatasi krisis
energi listrik yang saat ini sedang dialami negara kita.
PLTN Muria yang rencananya memiliki enam reaktor nuklir dengan
masing-masing berdaya 600 MW atau totalnya 3600 MW,
akan sedikit mampu mengurangi krisis energi listrik terutama
Jaringan Jawa – Madura – Bali (Jamali). Jika Indonesia memiliki
PLTN, maka Indonesia juga akan masuk ke dalam jajaran
segelintir negara elite nuklir dunia tapi nuklir Indonesia akan
digunakan hanya untuk tujuan damai.
masing-masing berdaya 600 MW atau totalnya 3600 MW,
akan sedikit mampu mengurangi krisis energi listrik terutama
Jaringan Jawa – Madura – Bali (Jamali). Jika Indonesia memiliki
PLTN, maka Indonesia juga akan masuk ke dalam jajaran
segelintir negara elite nuklir dunia tapi nuklir Indonesia akan
digunakan hanya untuk tujuan damai.
6. Coastarina
Di Pulau Batam akan dibangun pulau-pulau buatan
yang menyerupai peta dunia terbesar di dunia
mengalahkan perumahan di Dubai. Perumahan di pantai ini
dikembangkan menjadi pusat hunian dengan suasana tepi laut.
Sebagian areanya diperoleh dari hasil reklamasi. Site plan-nya
dirancang bak lagoon raksasa yang bagian tengahnya ditata
menyerupai peta dunia dengan miniatur berbagai benua:
Asia, Amerika, Eropa, Afrika, dan Antartika. Coastarina
merupakan terobosan konsep pemukiman, yang terinspiras
i oleh Palm Islands di Dubai, UAE.
yang menyerupai peta dunia terbesar di dunia
mengalahkan perumahan di Dubai. Perumahan di pantai ini
dikembangkan menjadi pusat hunian dengan suasana tepi laut.
Sebagian areanya diperoleh dari hasil reklamasi. Site plan-nya
dirancang bak lagoon raksasa yang bagian tengahnya ditata
menyerupai peta dunia dengan miniatur berbagai benua:
Asia, Amerika, Eropa, Afrika, dan Antartika. Coastarina
merupakan terobosan konsep pemukiman, yang terinspiras
i oleh Palm Islands di Dubai, UAE.
Di Coastarina, akan dibangun total 1.000 rumah di kawasan
total 150 hektar (25 hektar termasuk taman dan fasilitas umum).
Di sana, juga ada Okarina Taman Rekreasi dengan food court,
kafe dan restoran, Taman Air, dinding raksasa, dan permainan
air. Coastarina mega proyek ini akan selesai dalam 6 tahun
dan total investasi diperkirakan menjadi 60 - 80 juta USD
atau sekitar Rp. 570 M / Rp 760 M. MURI (Museum Rekor Indonesia)
memberikan penghargaan kepada Coastarina untuk papan
tulisan terbesar di Indonesia, perumahan yang terletak di bibir
pantai Batam itu akan mencatatkan dua rekor lagi untuk
pembangunan bola dunia paling besar dan peta dunia terbesar di dunia.
total 150 hektar (25 hektar termasuk taman dan fasilitas umum).
Di sana, juga ada Okarina Taman Rekreasi dengan food court,
kafe dan restoran, Taman Air, dinding raksasa, dan permainan
air. Coastarina mega proyek ini akan selesai dalam 6 tahun
dan total investasi diperkirakan menjadi 60 - 80 juta USD
atau sekitar Rp. 570 M / Rp 760 M. MURI (Museum Rekor Indonesia)
memberikan penghargaan kepada Coastarina untuk papan
tulisan terbesar di Indonesia, perumahan yang terletak di bibir
pantai Batam itu akan mencatatkan dua rekor lagi untuk
pembangunan bola dunia paling besar dan peta dunia terbesar di dunia.
7. Terusan Sulawesi
Pada Musyawarah Sulawesi IV Enam gubernur
se-Sulawesi menggagas pembangunan "Terusan Khatulistiwa"
yang memotong leher Pulau Sulawesi. Kelak Pulau Sulawesi
bakal terbagi dua, karena dipisahkan oleh laut di terusan
yang akan diberi nama Terusan Khatulistiwa. Jika rencana
tersebut benar-benar direalisasikan, maka terusan ini akan
menjadi terusan ketiga di dunia, sebab saat ini baru ada
dua terusan, yakni Terusan Suez di Mesir dan Terusan
Panama di Amerika Tengah. Terusan Khatulistiwa ini bisa
menjadi jalur laut internasional yang ramai dan akan
memperpendek jarak transportasi laut dari wilayah timur
Pulau Sulawesi menuju wilayah barat Indonesia, serta ke Filipina dan Malaysia.
se-Sulawesi menggagas pembangunan "Terusan Khatulistiwa"
yang memotong leher Pulau Sulawesi. Kelak Pulau Sulawesi
bakal terbagi dua, karena dipisahkan oleh laut di terusan
yang akan diberi nama Terusan Khatulistiwa. Jika rencana
tersebut benar-benar direalisasikan, maka terusan ini akan
menjadi terusan ketiga di dunia, sebab saat ini baru ada
dua terusan, yakni Terusan Suez di Mesir dan Terusan
Panama di Amerika Tengah. Terusan Khatulistiwa ini bisa
menjadi jalur laut internasional yang ramai dan akan
memperpendek jarak transportasi laut dari wilayah timur
Pulau Sulawesi menuju wilayah barat Indonesia, serta ke Filipina dan Malaysia.
8. Sundial Pontianak(Jam Matahari)
Indonesia akan memiliki sundial atau jam matahari tertinggi
di dunia jika sundial Pontianak jadi dibangun. Dari semua
kota yang dilewati garis Khatulistiwa, hanya ada satu kota
di dunia ini yang dibelah atau dilintasi secara persis
oleh garis Khatulistiwa, yaitu Kota Pontianak. Pembangunan
sundial di lokasi sekitar Tugu Khatulistiwa Pontianak
diperkirakan menghabiskan biaya sebesar Rp76,6 miliar
dengan lahan seluas 44,1 meter.
di dunia jika sundial Pontianak jadi dibangun. Dari semua
kota yang dilewati garis Khatulistiwa, hanya ada satu kota
di dunia ini yang dibelah atau dilintasi secara persis
oleh garis Khatulistiwa, yaitu Kota Pontianak. Pembangunan
sundial di lokasi sekitar Tugu Khatulistiwa Pontianak
diperkirakan menghabiskan biaya sebesar Rp76,6 miliar
dengan lahan seluas 44,1 meter.
Rencananya tugu tersebut akan dibangun dengan
tinggi 71 meter, sehingga akan menjadikan Tugu
Khatulistiwa sebagai sundial tertinggi di dunia. Pada
lahan di sekitar sundial tugu akan dibangun sundial
berukuran kecil sebanyak 17 buah. Angka 17 dan 71
diambil dari angka kelahiran Kota Pontianak. Untuk
memperkuat ikon Pontianak sebagai Kota
Khatulistiwa juga akan dibangun Twin Solar Telescope,
Museum Galeri, Science Centre, kawasan komersial,
Amphiteater, dan Convention di kawasan tugu tersebut.
tinggi 71 meter, sehingga akan menjadikan Tugu
Khatulistiwa sebagai sundial tertinggi di dunia. Pada
lahan di sekitar sundial tugu akan dibangun sundial
berukuran kecil sebanyak 17 buah. Angka 17 dan 71
diambil dari angka kelahiran Kota Pontianak. Untuk
memperkuat ikon Pontianak sebagai Kota
Khatulistiwa juga akan dibangun Twin Solar Telescope,
Museum Galeri, Science Centre, kawasan komersial,
Amphiteater, dan Convention di kawasan tugu tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar