Sabtu, 11 April 2015

10 Hal yang Dapat Menghancurkan Bumi

http://astronesia.blogspot.com/
Ilustrasi

AstroNesia Bumi adalah tempat yang unik di alam semesta kita karena memiliki kehidupan cerdasbanyak orang sering khawatir tentang bagaimana bumi bisa hancur atau apa yang akanterjadi jika sesuatu bencana terjadiLuar angkasa adalah tempat luar biasa keras dan beberapa haldi luar sana benar-benar kuatBahkan beberapa cukup kuat musnahkan planet kita dalam beberapa saat.

Dan berikut 10 hal yang dapat menghancurkan Bumi

1. Asteroid

Asteroidjuga disebut planet minor banyak ditemui di antara orbit Mars dan JupiterBerkat tarikan gravitasi yang luar biasa besar dari Jupitersemua asteroid dijaga dalam kontrol dan mencegahmereka terbang ke segala arahTapi beberapa dari mereka kadang-kadang keluar dari kontrol sang raksasa.

Salah satunya disebut sebagai 99942 ApophisAsteroid ini menyebabkan banyak kekhawatirankarena diperkirakan dia akan menyerang bumi pada 2029. Namun itu dikesampingkandandinyatakan kembali bahwa asteroid ini bisa kembali dan menghantam bumi pada 2036 jikamelewati gravitasi KeyholeTapi walaupun Bumi berhasil menghindari asteroid iniitu tidak ada artinya karena mungkin ada asteroid lain di luar sana yang akan menabrak Bumi, seperti yang memusnahkan dinosaurus jutaan tahun yang lalu.

2. Komet

Tidak seperti asteroidkomet adalah objek es yang memiliki ekor ketika mereka melewati dekat dengan bintang induknya. Komet umumnya mengikuti jalur hiperbolik atau elips yang datang daritata surya bagian luar. 

Meskipun komet lebih kecil dari asteroidmereka memiliki kecepatan jauh lebih tinggi dibandingasteroidKetika dekat dengan bintang induknyamereka dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan 250.000 km / jamKecepatan yang lebih tinggi berarti energi kinetik yang lebih tinggidan ketika ia menabrak sesuatu (jika Bumidengan kecepatan itu, Anda hanya bisa membayangkankerusakan yang ditimbulkannya dan hal itu bisa menghapus hampir sebagian besar kehidupan di Bumi jika menabrak Bumi.

3. CME (Coronal Mass Ejection)  

Coronal Mass ejections adalah badai matahari yang sebagian besar terkait dengan jilatan api matahari atau flare. Flare raksasa terbentuk di permukaan matahari karena medan magnet yang sangat kompleks. Medan magnet kompleks ini terbentuk dari hasil pergerakan plasma di arah yang berbeda.

Medan magnet menyebabkan badai super di permukaan Matahari yang dapat mengeluarkan radiasiyang sangat berenergiCME parah atau kuat dapat merusak infrastruktur listrik diseluruh seluruh duniaRadiasi yang tinggi dapat menyebabkan banyak masalah bagi kita manusiaSebuah CMEsuper dapat dengan mudah membuat kondisi di Bumi sangat tidak ramah bagi kehidupan.

4. Lubang Hitam

Lubang hitam adalah salah satu objek yang paling sulit dipahami dalam alam semesta. Mereka adalah salah satu kekuatan yang paling kuat di alam semesta. Bahkan atlet tercepat di alam semestacahaya, tidak dapat melarikan diri dari cengkramannyaLubang hitam adalah entitasterpadat di alam semesta.

Dengan massa tak terbatas dan dikompresi menjadi sangat kecil (hampir nol), ia memiliki kerapatanhampir tak terbatas dan inilah wilayah di mana hukum fisika tampak terlihat bodoh. Jika salah satudari mereka datang terlalu dekat dengan Bumiplanet kita akan tersedot ke dalamnya hampir seketika dan merobeknya menjadi potongan-potongan yang tak dikenali lagi.

5. Supernova

Supernova adalah salah satu ledakan kuat di alam semesta. Disebabkan oleh bintang yangkehabisan bahan bakar dan matiAncaman terhadap planet kita dari supernova berasal dari ledakan sinar gammanya. Jika sebuah bintang meledak menjadi supernova pada jarak sekitar 26 tahun cahaya, sinar gammanya dapat menghabiskan setengah  lapisan ozon di atmosfer bumi dankemudian ozon tidak akan bisa lagi menghalangi radiasi bintang yang datang ke arah bumi dari segala arah di luar angkasa. 

6. Hypernova

Seperti supernovahypernova juga merupakan jenis ledakan bintangSebagian besar terjadi padabintang yang lebih masif dari matahari (setidaknya 15 kali lebih masif), mereka lebih kuat dibanding supernova standar dan memiliki semburan sinar gamma yang lebih panjang.

Ledakan sinar gamma yang berlangsung lama dapat mengakhiri kehidupan di bumi. Ledakan sinar gamma yang berdurasi lama telah lama dianggap sebagai penyebab kepunahan massa Ordovician-Silurian.

7. Pulsar

Pulsar adalah bintang neutron yang berputar kuat, yang memancarkan ledakan sinar gammaPulsarterbentuk setelah supernovaketika inti dari bintang runtuh ke dirinya sendiri dan membentukbintang neutron yang sangat padat.

Bintang neutron mempertahankan sebagian besar momentum sudut mereka dan mereka berdenyutsetelah interval waktu yang ditentukanJika ledakan gamma dari bintang ini menghantam bumiitu akan menguap lapisan ozon bumi bersama dengan bagian penting dari atmosfer.


8. Quasar 

Quasar yang adalah objek paling terang di alam semestaQuasar biasanya ditemukan pada jarakyang sangat jauh, biasanya disekitaran beberapa juta tahun cahaya atau beberapa miliar tahun cahaya.

Quasar memancarkan ledakan sinar gamma yang sangat kuat terus-menerus dan mereka cukup kuatuntuk dilihat pada jarak miliaran tahun cahaya dengan mata tel**jang. Jika ledakan sinar gamma yang kuat ini menghantam Bumi, Bumi akan hancur dalam sesaat.

9. Saat Matahari Menjadi Bintang Raksasa Merah

Massa matahari cukup kecil sehingga ia tidak akan mati sebagai supernovaSebaliknya, ia akanruntuh menjadi kerdil putihTapi sebelum itu, ia akan melalui tahap Raksasa MerahIni adalahtahap di mana atmosfer matahari mengembang karena suhu fusi menjadi tinggi ketika bahan bakar hidrogen habis dan mulai membakar helium untuk melawan gravitasi.

Raksasa merah ini akan begitu besar sehingga akan memakan orbit Merkurius dan VenusBumitidak akan terjebak dalam matahari karena tarikan gravitasi yang lebih rendah dan Bumi akan mengorbit lebih jauh dari matahari.

Tapi jelas, karena panas yang luar biasa, semua kehidupan akan musnah Semua air akan menguapdan bumi akan menjadi tempat yang tidak ramah.


10. Tabrakan Galaksi

Tabrakan galaksi yang sangat umum meskipun mereka membutuhkan waktu jutaan atau miliarantahun untuk terjadi. Andromeda dan galaksi Bima Sakti ditakdirkan akan bertabrakan dalam waktusekitar 1,4 miliar tahun dari sekarangTabrakan galaksi akan menciptakan lubang karenapenggabungan dua lubang hitam.

Meskipun ada jarak yang besar antara bintang-bintang di galaksi dan sangat jarang penggabungan galaksi menghancurkan sistim bintang, anda tak akan pernah tahu peluangnyaJika sebuah bintang dari Andromeda atau bima sakti berbenturan dengan Bumi akibat penggabungan galaksi, anda sudah tahu jawabannya.

Itulah 10 hal yang dapat menghancurkan Bumi.


Andai dunia ini berakhir besok, dengan siapa kalian ingin bersama di hari terakhir? 

Jika berkenan, tuliskan jawaban anda pada kolom komentar di bawah.... jangan malu-malu :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar