Selasa, 21 Juli 2015

4 Solusi Ampuh Saat Micro SD Atau SD Card Tidak Terbaca

Akhirnya salah satu ketakutan saya terjadi, momen di mana hal yang sangat tidak di inginkan muncul : MicroSD di ponsel tiba-tiba tidak bisa terdeteksi dan meminta untuk di format! 

Anda bisa bayangkan bagaimana paniknya saat hal ini terjadi juga pada Anda.

Format dan membeli lagi microSD mungkin tidak akan menjadi masalah, tapi yang menjadi persoalan besarnya adalah bagaimana menyelamatkan data yang ada di dalamnya?

Cek penampakan gambar peringatan horror di PC ini :


Sebagai salah satu media penyimpanan data digital, microSD memang sangat penting. Karena di situlah kita menyimpan semua data-data baik data aplikasi seperti whatsapp maupun data foto, video dan lainnya.

Kartu memori memang tergolong barang yang mudah rusak, maksud kerusakan di sini adalah rusaknya sistem file (bukan fisik) dengan salah satu cirinya tidak terdeteksi, ada kasus walaupun terdeteksi tapi tidak bisa dibuka atau tidak terbaca dan minta diformat.

Dan saat microSD tidak bisa terbaca sebagai media, hal ini akan menjadi petaka jika kita asal format tanpa menyelamatkan atau backup data penting di dalamnya.

Yang perlu Anda lakukan pertama adalah tenang dan mengambil napas dalam-dalam. Karena saat itu terjadi kita harus tahu dulu bagian yang rusak apakah pada software atau hardware-nya.

Banyak faktor yang bisa membuat hardware pada microSD bermasalah. Kerusakan hardware pada kartu memory (memory card) mungkin terjadi karena gesekan dan faktor lain dari perangkat atau memori itu sendiri.

Sedangkan kerusakan atau error pada sofware bisa saja terjadi karena pengaruh virus berbahaya, malware dari sistem perangkat komputer, ponsel atau kamera.

Penyebab lainnya bisa karena :
  • Panas yang berlebihan.
  •  
  • Pengaruh medan magnet.
  •  
  • Kesalahan di saat mencabut/ input ke slotnya.
  •  
  • Umur memori.
  •  
  • Kerusakan dari gadget yang diusung.
Saya melakukan beberapa percobaan sebelum mengambil langkah besar memformat, beberapa step yang bisa dilakukan adalah coba-pakai micro sd lain untuk pengetesan.

Jika micro SD lain terbaca, maka ponsel Anda baik-baik saja.

Lalu coba periksa microSD lama Anda di pc/notebook dengan menggunakan card reader. Jika terdeteksi dan bisa dibuka datanya, maka memori Anda tidak bermasalah.

Tapi jika di ponsel dan PC memori tetap minta di format, bisa dipastikan berarti memorinya memang bermasalah.

Ini Penampakan di ponsel Android :


Muncul notifikasi gambar microSD seperti ini dengan tulisan “SD is Blank and Has UnSupported” 

Saat di klik, maka akan keluar tulisan “Format SD Card ?? All data will be lost”

Jangan Panik !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar