Jumat, 20 Maret 2015

10 Peristiwa Astronomi Paling Menakjubkan Tahun 2015 Versi Astronesia

http://astronesia.blogspot.com/
stroNesia ~ Tahun 2014 akan segera berakhir dan tak lama lagi kita akan memasuki tahun baru 2015 yang juga akan di penuhi dengan fenomena-fenomena astronomi menarik yang tak kalah dengan fenomena astronomi tahun ini.

 Dan berikut 10 fenomena astronomi penting di tahun 2015 versi astrØnesia,jangan sampai terlewatkan ya.. :D

1. Melintasnya Asteroid 357439 (2004 BL86) - (2 Januari 2015)

Asteroid ini akan melintas dekat Bmi pada jarak 3,1 jarak Bumi-Bulan. Asteroid 357439 (2004 BL86) mempunyai diameter 400 m - 1 km.

2. NASA Dawn Tiba Di Ceres (Februari 2015)

Wahana antariksa NASA Dawn akan tiba di planet kerdil Ceres pada suatu hari di bulan Februari.Ceres adalah objek terbesar di sabuk asteroid yang terletak antara Mars dan JupiterKarena ukuran dan bentuknya, objek ini secara resmi diklasifikasikan sebagai planet kerdilyang menempatkannya dalam kategori bersama PlutoDawn akan menghabiskan beberapa bulan untuk mempelajari Ceresdan akan mengirim gambar dekat pertama dari planet kerdil di tata surya kita.

3. Munculnya Minimoon (5 Maret 2015)

Bumi berada di antara Matahari dan Bulan sehingga Bulan akan sepenuhnya terang seperti yang terlihat dari Bumi. Bulan purnama ini dikenal oleh suku asli Amerika sebagai Full Worm Moon karena ini adalah saat ketika tanah mulai melunak dan cacing tanah akan kembali munculBulan inijuga telah dikenal sebagai Minimoon, Full Crow Moon, Full Crust Moon dan Full Sap Moon. Disebut Minimoon karena purnama ini terjadi saat bulan berada di Apogee, berjarak 406.386 km dari Bumi.

4. Gerhana Matahari Total (20 Maret 2015)

Sebuah gerhana matahari total terjadi ketika bulan benar-benar mengalangi Matahari,memperiatan atmosfer luar matahari indah yang dikenal sebagai koronaJalur totalitas akan dimulai di tengah Samudra Atlantik dan bergerak ke utara melintasi Greenland dan ke Siberia Utara. Sementara gerhana parsial akan terlihat di IslandiaEropaAsia Timur dan Barat laut Afrika.
 

5. Gerhana Bulan Total (4 April 2015)
 
Sebuah gerhana bulan total terjadi ketika Bulan melewati bayangan gelap bumi atau umbraSaat terjadi gerhana jenis iniBulan secara bertahap akan terlihat lebih gelap dan kemudian berwarnamerah berkarat atau darahGerhana akan terlihat di sebagian besar Amerika Utara, AmerikaSelatanAsia Timurdan Australia. Kemungkinan Indonesia juga.

6. Wahana New Horizons Tiba Di Pluto (14 Juli 2015)

Wahana New Horizons dijadwalkan tiba di Pluto setelah melakukan perjalanan selama 9 setengah tahun. Diluncurkan pada tanggal 19 Januari 2006, ini akan menjadi pesawat ruang angkasa pertama yang mengunjungi PlutoNew Horizons akan memberi kita pandangan dekat pertama dari planetkerdil dan bulannya iniSetelah melewati Plutopesawat ruang angkasa akan melanjutkan pejalanan ke sabuk Kuiper untuk memeriksa beberapa objek es lainnya di tepi tata surya.

7. Munculnya Bluemoon (31 Juli 2015)

Bumi berada di antara Matahari dan Bulan sehingga Bulan akan sepenuhnya terang seperti yang terlihat dari Bumi. Karena ini adalah bulan purnama kedua dalam 1 bulan , maka dikenal sebagaibulan biru. Fenomena langka ini hanya terjadi sekali setiap beberapa tahunsehingga menimbulkanistilah"sekali dalam bulan biru."

8. Gerhana Matahari Parsial (13 September 2015)

Sebuah gerhana matahari parsial terjadi saat Bulan menutupi hanya sebagian dari Matahari,kadang-kadang menyerupai gigitan kue. Gerhana parsial ini hanya akan terlihat di bagian selatanAfrikaMadagaskardan Antartika.

9. Supermoon 2015 (28 September 2015)

Bumi berada di antara Matahari dan Bulan sehingga Bulan akan sepenuhnya terang seperti yang terlihat dari Bumi. Bulan purnama ini dikenal oleh suku asli Amerika sebagai Full Corn Moon karena ini adalah saatnya panen jagung tahun ini. Bulan ini juga dikenal sebagai Harvest MoonHarvest Moon adalah bulan purnama yang terjadi paling dekat dengan equinox September setiap tahun. Dan bulan ini juga akan menjadi Supermoon tahun ini karena terjadi saat bulan berada pada Perigee, berjarak 356.877 km dari Bumi. Dan bahkan terjadi gerhana juga saat Supermoon ini. Bisa di bilang wooow!!

10. Gerhana Bulan Total (28 September 2015)

Sebuah gerhana bulan total terjadi ketika Bulan melewati bayangan gelap bumi atau umbraSaat terjadi gerhana jenis iniBulan secara bertahap akan terlihat lebih gelap dan kemudian berwarnamerah berkarat atau darahGerhana akan terlihat di sebagian besar Amerika Utara dan Selatan,EropaAfrikadan Asia Barat. Huhu... Indonesia ga kebagian :(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar