Rabu, 18 Maret 2015

7 Fakta Aneh Planet Kerdil Ceres

http://astronesia.blogspot.com/
Ceres

AstroNesia ~ Wahana antariksa NASA Dawn dijadwalkan tiba di Ceres pada Jumat pagi (6 Maret) waktu Amrik da segera akan menjadi wahana antariksa pertama yang akan mengorbit planet kerdil.

Ceres adalah objek terbesar di sabuk utama asteroid antara Mars dan Jupiterdan planet kerdil yang paling dekat dengan BumiDawn diharapkan dapat memberikan banyak informasi tentang evolusidan komposisi Ceres '.

Berikut adalah tujuh fakta aneh tentang Ceres.


1. Ceres Adalah Asteroid Pertama Yang Ditemukan

Ceres pertama kali terlihat di 1 Januari 1801 oleh astronom Sisilia Giuseppe PiazziAsteroid itu ditemukan setelah Piazzi menindaklanjuti prediksi matematika (kemudian ditetapkan menjadisalahbahwa harus ada sebuah planet antara Mars dan Jupiter.

Pada awalnya Ceres disebut planet, tetapi karena lebih banyak anggota sabuk asteroid yang ditemukanCeres diturunkan menjadi asteroidStatusnya berubah lagi pada tahun 2006 ketika iadipromosikan menjadi planet kerdil.

2. Namanya Berasal Dari Nama Dewi Pertanian Romawi.

Piazzi menamakan objek temuannya ini dengan nama Ceres, diambil dari nama Dewi panen dan jagung Romawi.  Dia juga dianggap sebagai dewi pelindung Sisiliamenurut EncyclopediaBritannicaUnsur cerium yang ditemukan pada tahun 1803 dinamai dari Ceres.

3. Ceres Memiliki Titik Terang Misterius

Saat Dawn menuju Ceres,  pada akhir 2014 dan awal 2015para astronom menemukan dua kejutantitik terang di sekitar 19 derajat lintang utara Ceres, di dalam kawah. Tidak ada gundukan atau fiturdekat dengan tempat-tempat tersebutyang menunjukkan bahwa titik itu bukan berasal darigunung berapi.

Titik terang ini menunjukkan material yang sangat reflektifkemungkinan air es atau garam, kata peneliti. Anggota tim Dawn yang berharap pesawat ruang angkasa ini akan memecahkan misteri itu.

4. Ceres Mungkin Miliki Semburan Uap Air

Herschel Space Observatory baru-baru ini melihat semburan uap air yang berasal dari Ceres.Semburan ini tampaknya dihasilkan dari dua lokasi (termasuk dekat dengan tempat bintik-bintik putih terang ditemukandan bisa menjadi produk gunung berapi es, kata para ilmuwanmengatakan. NASA Dawn akan menyelidiki misteri ini.

5. Ceres Mungkin Memiliki Samudra Di Bawah Permukaannya

Geyser uap air mengisyaratkan kehadiran laut bawah permukaan di Ceresyang mungkin mampu mendukung kehidupan seperti yang kita tahu, kata beberapa ilmuwan. 

Bulan-bulan yang dingin di tata surya bagian luar seperti Europa satelit Jovian dan bulan SaturnusEnceladus diperkirakan memiliki lautan di bawah permukannyayang tampaknya terus dalam bentuk cair dengan gaya pasang surut yang dihasilkan oleh gravitasi bulan dan planet-planet besar induk merekaCeres tidak akan mengalami gaya pasang surut seperti itu tetapi mungkin bisamempertahankan beberapa panas radioaktif dari unsur-unsur di bagian dalamnya.

6. Ceres Berbentuk Bulat 

Tidak seperti anggota lain dari sabuk asteroidCeres bulatkarena gravitasinya cukup besar untuk membentuk bentuknya menjadi sebuah bola(Ceres memiliki diameter sekitar 590 mil, atau 950kilometer). Para ilmuwan juga percaya bahwa tubuh bulat cenderung memiliki interior yang berbeda, yang berarti bahwa ada zona yang berbeda dalam diri merekaCeres mungkin memiliki inti berbatusebuah mantel es, mungkin beberapa air cair di bawah permukaan dan lapisan atasberdebu.

7. Objek ini Mungkin Memiliki Atmosfer

Ceres relatif jauh dari matahari, namun para ilmuwan percaya suhu permukaannya bisa naik setinggi -37 derajat Fahrenheit (-38 derajat Celcius). Jika ada air es di permukaan, dengan cepatakan tersublimasi - perubahan langsung ke gas - yang bisa menghasilkan atmosfer di sekitar planetkerdilKononhanya ada beberapa pengamatan sublimasi yang mungkin terjadi disana sampai saat iniDawn akan mengawasi hal tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar