Selasa, 17 Maret 2015

Imuwan: Di Galaksi Bima Sakti Saja, Planet Mirip Bumi Berjumlah 17 Miliar!

bima-sakti-header

Planet dikatakan layak huni jika memiliki suhu permukaan yang memungkinkan air tetap dalam bentuk cair.
Para astronom memperkirakan berapa banyak dari 100 milliar bintang yang ada di galaksi kita Bima Sakti (Inggris: the Milky Way) yang memiliki planet potensial untuk dihuni.
Menggunakan data dari teleskop Kepler milik NASA, mereka berpendapat bahwa satu dari lima bintang memiliki kesamaan dengan matahari yang memiliki planet seukuran Bumi.
Ada Berapa Planet di Galaksi Bimasakti? 160 Milyar!
Galaksi kita Bima Sakti (Inggris: the Milky Way)
Planet-planet tersebut telah dikategorikan sebagai “potensial huni” karena memiliki zona atau jarak tertentu dengan matahari, sehingga suhu planet dapat menjaga air, yang berguna sebagai elemen kunci kehidupan, dapat tetap berada dalam bentuk cair di permukaan.
Riset ini dipublikasikan secara rinci dalam jurnal PNAS.
“Ini berarti, ketika Anda melihat ribuan bintang di langit malam, bintang mirip Matahari yang berpotensi memiliki planet layak huni mungkin hanya berjarak 12 tahun cahaya dan bisa dilihat dengan mata telanjang,” kata salah satu peneliti Erik Petigura, dari Universitas California, Berkeley. “Sungguh menakjubkan, ” ia menambahkan.
Koleganya, Andrew Howard, mengatakan penemuan ini menunjukan bahwa planet seperti Bumi merupakan jenis yang umum ditemui di Galaksi Bima Sakti.
Atmosfir tipis
Namun, sejumlah anggota peneliti mengatakan walaupun planet seukuran Bumi ditemukan di zona layak huni, tidak ada jaminan bahwa planet ini bisa mendukung kehidupan.
“Beberapa mungkin memiliki atmosfir yang sangat tipis sehingga permukaan akan memiliki suhu panas. Molekul semacam DNA tidak akan bertahan,” kata peneliti Geoff Marcy, profesor astronomi di Berkeley.
Marcy menambahkan, “Namun, sebagian mungkin memiliki permukaan yang pas untuk menampung air yang cocok untuk organisme.”
aliens-exoplanets by Keppler
Diluncurkan pada 2009, teleskop Kepler memiliki misi untuk mencari planet mirip Bumi yang memiliki jarak orbit tertentu dengan Matahari.
Kepler – yang baru-baru ini dipensiunkan – bekerja dengan mendeteksi variasi periodik pada kecerahan bintang. Pada Januari 2013, para astronom yang menggunakan data Kepler memperkirakan bahwa setidaknya ada 17 miliar planet seukuran Bumi di Galaksi Bima Sakti.
Pada Juli 2013 lalu, sejumlah astronom mengumumkan penemuan planet berwarna biru tua yang mirip dengan Bumi.
Planet mirip Bumi berjumlah 17 miliar
Para astronom mengatakan mereka memiliki bukti bahwa sekitar 17 miliar planet yang berukuran seperti Bumi terdapat di dalam galaksi kita.
Teleskop milik badan ruang angkasa Amerika, NASA, Kepler digunakan untuk meneliti bintang-bintang yang berukuran sama dengan Matahari dan menemukan bahwa satu dari enam bintang memiliki planet berukuran seperti Bumi di orbitnya.
Tim Kepler juga mengumumkan adanya 461 planet baru. Hasil penelitian itu diajukan dalam Masyarakat Astronomi Amerika di California.
eksoplanet 01
Ada sekitar 17 miliar planet yang berukuran seperti Bumi terdapat di dalam galaksi kita. (gambar ilustrasi).
Sejak diluncurkan ke orbit pada 2009, teleskop Kepler dipasang pada satu sudut di langit dan menangkap lebih dari 150.000 bintang.
Teleskop itu juga mendeteksi cahaya yang meredup dari satu bintang bila ada planet yang lewat di depan bintang itu atau transit.
Orbit selama 85 hari
Francois Fressin, pakar astrofisika dari Harvard-Smithsonian Centre, yang menemukan planet pertama berukuran Bumi, mengatakan ada juga planet-planet yang tidak tertangkap oleh Kepler.
“Kami harus memperbaiki dua hal. Pertama, daftar planet yang ditangkap Kepler tidak lengkap,” kata Fressin kepada BBC.
sonada kepler gemini 2
sonada kepler gemini 2
“Perbaikan kedua adalah ada yang sebenarnya bukan planet namun hanya sekedar konfigurasi astrofisika,” tambahnya.
Hasil penelitian para astronom ini menunjukkan bahwa 17% bintang menjadi tempat orbit planet dengan ukuran 1,25 lebih besar dari Bumi, dan orbit berlangsung paling lama 85 hari, seperti halnya planet Merkuri.
Berdasarkan penelitian itu disimpulkan dalam galaksi terdapat paling tidak 17 miliar planet yang berukuran seperti Bumi. (BBC Indonesia 1 2).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar